Subscribe Us

header ads
Kita yang hidup di akhir zaman ini lebih-lebih generasi milenial rata-rata belum tergambar seperti apa kehidupan akhirat itu sebenarnya. Karena memang sumber-sumber yang otentik dan valid yang berbicara tentang hal itu tidak terlalu banyak. Atau juga karena masalah manusianya yang tidak mau mengkaji sumber yang sudah ada di hadapan mereka.

Kehidupan akhirat adalah bagian dari pokok-pokok keimanan yang sangat berbahaya bila ini tidak difahami dengan baik. Untuk itulah kita selalu berupaya mengokohkan ini dan saling menguatkan untuk istiqomah mengkaji dan mempelajarinya.

Gambaran tentang kehidupan akhirat itu sebenarnya Allah sudah gambarkan di dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Tinggal kita sebagai manusia mau mempelajarinya ataukah tidak.

Tentang kehidupan akhirat ini hanya bisa kita ambil dari Al Quran dan As-Sunnah yang shahih karena tidak ada yang tahu kecuali hanya Allah dan RasulNya yang mendapat wahyu dari Allah.



Berikut ini adalah ayat-ayat Allah yang berbicara tentang kehidupan akhirat khususnya segmen azab. Betapa indahnya Allah menggambarkan azab itu agar mudah dan bisa kita fahami dengan baik. Mari kita perhatikan

لَّهُمۡ عَذَابٞ فِي ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَاۖ وَلَعَذَابُ ٱلۡأٓخِرَةِ أَشَقُّۖ وَمَا لَهُم مِّنَ ٱللَّهِ مِن وَاقٖ

Bagi mereka (ada) azab dalam kehidupan dunia dan sesungguhnya azab akhirat adalah lebih keras dan tak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah. (TQS. Ar Ro’du : 34)

وَكَذَٰلِكَ نَجْزِي مَنْ أَسْرَفَ وَلَمْ يُؤْمِن بِآيَاتِ رَبِّهِ ۚ وَلَعَذَابُ الْآخِرَةِ أَشَدُّ وَأَبْقَىٰ

Dan demikianlah Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal.  (TQS. Thoha : 127)

فَأَذَاقَهُمُ اللَّهُ الْخِزْيَ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَعَذَابُ الْآخِرَةِ أَكْبَرُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Maka Allah merasakan kepada mereka kehinaan pada kehidupan dunia. Dan sesungguhnya azab pada hari akhirat lebih besar kalau mereka mengetahui.  (TQS. Az Zumar : 26)

فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا صَرْصَرًا فِي أَيَّامٍ نَّحِسَاتٍ 

لِّنُذِيقَهُمْ عَذَابَ الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَعَذَابُ الْآخِرَةِ أَخْزَىٰ ۖ وَهُمْ لَا يُنصَرُونَ

Maka Kami meniupkan angin yang amat gemuruh kepada mereka dalam beberapa hari yang sial, karena Kami hendak merasakan kepada mereka itu siksaan yang menghinakan dalam kehidupan dunia. Dan Sesungguhnya siksa akhirat lebih menghinakan sedang mereka tidak diberi pertolongan. (TQS. Fushshilat : 16)

كَذَٰلِكَ الْعَذَابُ ۖ وَلَعَذَابُ الْآخِرَةِ أَكْبَرُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Seperti itulah azab (dunia). Dan sesungguhnya azab akhirat lebih besar jika mereka mengetahui. (TQS. Al Qolam : 33)

Lebih baru Lebih lama