Subscribe Us

header ads

Al-Quran di hati seorang muslim memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Tidak bisa digantikan oleh buku sebagus apapun, tidak bisa digantikan oleh penceramah sehebat apapun, tidak bisa digantikan oleh informasi dan ilmu apapun di dunia ini.

Dia (Al-Quran) datang dan dibawa oleh malaikat yang tidak pernah berbuat dosa dan disampaikan kepada sebaik-baik manusia Muhammad Sallallahu 'alaihi wasallam. Bahkan ia adalah Kalamullah, perkataan Allah. Allah pemilik langit yang tinggi dan bumi yang terhampar.

Yang tersisa bagi kita adalah Al-Quran dan As-Sunnah. Maka peganglah ia erat-erat hingga berjumpa dengan Allah di SurgaNya.

Begitulah, Allah menjadikan Al-Quran ini abadi dan terjaga sebagai petunjuk hidup bagi seorang muslim yang bersungguh mengambilnya sebagai petunjuk hidup/

Sedang bahasa Arab dipilih oleh Allah sebagai bahasa untuk menyampaikan pesanNya kepada manusia. Sehingga bahasa Arab tidak bisa dipisah dari Al-Quran begitu pula Al-Quran tidak bisa dipisah dari bahasa Arab.

Khalifah Umar bin Al-Khattab mengatakan : "pelajarilah bahasa Arab karena ia adalah bagian dari agama kalian"

Belajar bahasa Arab itu hukumnya wajib karena Al-Quran itu datang kepada semua manusia. Sedangkan kewajiban yang tidak sempurna tanpa adanya sesuatu yang lain, maka sesuatu yang lain itu menjadi wajib. Begitu yang disampaikan Iman Ibnu Taymiyah.




Lebih baru Lebih lama