Subscribe Us

header ads
Angka dan Berhitung dalam Bahasa Arab tentu berbeda dengan bahasa lain. Sebut saja misalnya Bahasa Indonesia. Ada karakter yang diangkat dalam Bahasa Arab namun itu tidak diperhatikan dalam bahasa Indonesia. Misalnya adalah penggunaan angka yang menunjukkan laki-laki dan perempuan yang dibedakan penggunaannya dan pemanfaatannya dalam Bahasa Arab. Dalam bahasa Indonesia tidak ada bedanya.

Begitu juga antara angka dan penggunaan angka saat menghitung sesuatu juga berbeda dalam bahasa Arab yang disesuaikan dengan objek yang dihitung. Hal ini tidak akan kita jumpai dalam bahasa Indonesia. Tentu ini lahir dari sebuah keyakinan dan aqidah dalam Islam yang membedakan pergaulan laki-laki dan perempuan, bukan dilarang tapi diatur.

Baik, mari kita perhatikan langsung


Tabel diatas menunjukkan angka dalam bahasa Arab dan Indonesia. 

Pada Poin a adalah penulisan angka dalam bahasa Indonesia dalam bentuk huruf. Lalu di kolom b pada tabel itu adalah simbol angka Indonesia. Sedangkan c dan d adalah penulisan angka dalam bahasa Arab dalam bentuk huruf. Disampingnya yaitu kolom e adalah simbol dari angka tersebut dalam bahasa Arab.

Lalu apa perbedaan penulisan angka pada kolom c dan d ? Silakan Anda jawab dulu sebelum lanjut membaca. Penulisan Angka pada kolom c bisa disebut angka untuk muannats (perempuan) sedangkan pada kolom d adalah penulisan angka untuk mudzakkar (laki-laki).

Bagaimana maksudnya ?

Sekali lagi, ingat bahwa angka dalam bahasa Arab dibedakan, untuk laki-laki dan untuk perempuan berbeda. Tergantung apa yang kita hitung. Sedangkan pada umumnya ketika kita menyebutkan angka dalam bahasa Arab kita akan menyebut yang ada di kolom d (mudzakkar). Karena berlaku kaidah umum "Arrijaalu Qowwaamuuna 'ala an Nisaa". Maksudnya cukup kita sebut angka yang biasanya dipakai untuk laki-laki.

Namun, ketika kita menghitung sesuatu maka harus benar-benar diperhatikan aturannya masing-masing. kapan menggunakan angka di kolom c dan kapan menggunakan angka di kolom d. 

Lalu kolom c dan d mengapa berbeda dan mengapa angka 1 ada dua macam dan begitu seterusnya ?

Inilah yang kita maksud sebelumnya bahwa angka dalam bahasa Arab ada yang untuk laki-laki dan ada yang untuk perempuan. Maka dari itulah ada 2 kolom. untuk membedan itu tadi.

Demikianlah pembahasan kita terkait Angka dan berhitung dalam bahasa Arab. Semoga bermanfaat.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. bersabda : 

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya.” (HR. Muslim)

An Nawawi rahimahullah berkata: “ia menunjukkan dengan perkataan, lisan, isyarat dan tulisan.”

Jadi, silakan share. semoga menjadi pahala jariyah bagi Anda.





  



Lebih baru Lebih lama