Subscribe Us

header ads
Apa yang Anda ketahui tentang Gerhana Bulan ? Tiap orang mungkin akan menjawab berbeda-beda. Namun, ada hal yang bisa dipastikan sama, yaitu bahwa Bulan mengalami gerhana karena posisi bulan sejajar dengan bumi dan matahari, dimana bumi menghalangi cahaya matahari sehingga bulan terlihat gelap.



Inilah yang dahulu kita dapatkan di bangku sekolah atau di buku-buku yang beredar kala itu. Bahkan sampai saat ini pun masih ada buku-buku atau juga media online yang mempublikasikan materi semisal itu. Maksud saya, jika Anda membacanya maka ada hal-hal yang tidak dibuka dan tidak disampaikan kepada Anda. Mari kita lihat sebagiannya.

Media Online menulis :
Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_bulan

Tidak jauh beda Blog "Abdi Guru" menuliskan dalam judul tulisannya : Rangkuman Materi IPA Kelas VI SD. Ia menulis bahwa ada 3 gerakan bulan yaitu rotasi, revolusi dan bersama bumi mengelilingi matahari. Anda masih ingat apa perbedaan rotasi dan revolusi ? semoga saja Anda masih ingat.

Tentang gerhana Bulan ia menuliskan :
Gerhana bulan terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Gerhana bulan terjadi pada bulan purnama.

Tidak lebih dari itu, kalaupun ada yang lebih tetap tidak akan menyangkut hal yang paling esensi dari Bulan dan Gerhana Bulan itu sendiri.

Jarang Dibuka dan Disampaikan Kepada Publik Selama Ini
 

Entah sengaja atau tidak, yang jelas tulisan ini baru bisa kami rampungkan setelah Gerhana Bulan itu terjadi pada Rabu 31 Januari 2018 ba'da isya.

Apa yang akan kami sampaikan ini bisa jadi benar-benar merupakan hal yang baru bagi Anda. Anda bisa cek setelah tuntas membaca tulisan ini, apakah sebelumnya Anda sudah pernah mendapatkan informasi tentang hal ini ? Baik, kita lanjut.

Matahari dan Bulan adalah Tanda-tanda Keagungan Allah

"Ah, ternyata hanya itu saja. Bukan"

Barangkali dengan kalimat diatas Anda pesimis akan mendapatkan penjelasan yang cukup sebagaimana biasanya dalam buku-buku dan media online yang ada.

Baik, saya jelaskan mengapa disebut sebagai tanda-tanda Keagungan dan Kekuasaan Allah.

Matahari atau Surya adalah bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km.

Dan massanya (sekitar 2×1030 kilogram, 330.000 kali massa Bumi). Artinya butuh 330.000 bumi dijadikan satu untuk menyamai massa matahari. (ini menurut Wikipedia Indonesia)

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan merupakan bulan terbesar kelima dalam Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya.

Diameter Bulan mencapai 3.474 km atau satu kali putaran sejauh 39.900 km. Massa bulan (ML) adalah 7.3477 × 1022 kg.

Baik, bila sekarang Anda sedang memegang Smartphone, pernahkah Anda berfikir siapa yang membuatnya ? yang jelas pasti ada yang membuatnya. (tidak boleh menyebut merk ya...)

Begitu juga dengan baju yang sedang Anda pakai sekarang. Pasti ada yang membuatnya, kan ? Apa jadinya bila tidak ada yang membuat baju di dunia ini ?

Kalau baju yang tipis dan smartphone yang seukuran genggam saja pasti ada yang membuatnya. Apalagi yang lebih besar dan lebih canggih dari itu semua ?!

Apa yang tergambar dalam benak Anda bila menyebut matahri dan bulan ?

Apakah ada orang paling kaya di dunia ini yang sanggup membuat semisal matahari dan bulan ?

Apakah ada ilmuwan di dunia ini yang sanggup membuat replika matahari dan bulan dengan massa dan bobot serta ukuran yang sama dengan yang ada sekarang ?

Matahari yang memiliki panas begitu tinggi, mungkinkah ia datang dengan sendirinya tanpa ada yang membuat dan menciptakannya ?

Siapakah yang memasang bulan menempati posisinya yang sekarang ? Apakah ia diterbangkan lalu dipasang oleh orang terkuat di dunia ?

Siapa pula yang membuatnya bisa berotasi (berputar pada sumbunya) ?

Kekuatan siapakah yang membuatnya bisa berputar mengelilingi bumi sekaligus mengelilingi matahari ?
 

Butuh berapa energi untuk bisa membuat bulan bisa berputar dengan 3 putaran yaitu rotasi, revolusi dan bersama bumi mengelilingi matahari ?

Adakah itu karena peran dan kontribusi manusia ?
Wow.....amazing. menakjubkan sekali

Tidak ada yang bisa melakukan itu semua diantara manusia.
Hanya Dialah (Allah) yang melakukan semua itu. Dan itulah tanda-tanda Kekuasaan dan Keagungan Allah.

Apa yang bisa Anda bayangkan bila tidak ada bulan ? Bila Bulan itu tidak bercahaya, apa yang bisa Anda bayangkan ?

Apakah 100 orang terkaya di dunia ini mampu mengembalikannya bisa bercahaya seperti sedia kala ?
 

Apakah para petinggi negara memiliki daya dan upaya yang bisa diandalkan untuk itu ?

Apakah orang-orang terkuat di dunia ini mampu mengembalikan cahayanya ?

Apakah para ilmuwan terbaik dunia, orang paling cerdas dan brilian itu mampu menemukan cara terbaik mengembalikan cahanyanya ?

Saudaraku, ucapkanlah "subhanallah, Maha Suci Engkau ya Allah. Kami tunduk dan mengakui keagungan dan Kekuasaan-Mu, Hanya Engkaulah yang bisa melakukan ini semua, terima kasih atas semua ini"

Atau Anda ingin mengatakan apa, katakanlah.....

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang terbisik di dalam dadamu.

Bersambung.......
Lebih baru Lebih lama